RSS

Introspeksi Diri = Be Better

24 Dec

Artikel yang saya tulis di bawah ini sebenarnya digunakan sebagai bagian dari salah satu tugas saya. Ya, berhubung ga kepake dan ga kepublish juga, mending saya posting di blog saya aja deh. Mudah-mudahan berguna kalo sempet dibaca. Enjoy!

Introspeksi Diri = Be Better

Tahun baru biasanya identik dengan segudang wishlist. Namun, sebelum berencana untuk menyusun target-target baru, ada baiknya kamu melakukan salah satu hal penting yaitu berintrospeksi diri.

Namanya aja introspeksi diri, tentunya berhubungan langsung dengan diri sendiri, bukan orang lain. Introspeksi diri nggak melulu berhubungan dengan kesalahan yang udah kita lakukan. Meski pun biasanya kita akan berintrospeksi diri setelah melakukan kesalahan. Tujuan utama berintrospeksi diri adalah agar kita bisa berkaca pada kesalahan di masa lalu supaya nggak kembali terulang di masa depan.

Karena sifatnya yang selalu terkesan ‘nempel’ dengan kesalahan, jadilah introspeksi diri sebagai bagian dari penyesalan. Kalo udah nyesel menye-menye gini ujung-ujungnya pasti galau. Padahal, introspeksi diri harusnya dijadikan jalan agar kita bisa jadi lebih baik akan kesalahan atau semua hal yang pernah kita perbuat. Paling nggak, jadi orang yang lebih baik bisa bikin hidup kita lebih berguna kan, baik bagi diri sendiri atau bagi orang lain.

Introspeksi diri mungkin sering kita dengar dalam hubungan percintaan, padahal berintrospeksi diri harusnya kita lakukan dalam semua aspek kehidupan. Nah, momen akhir tahun rasanya pas banget ya sebagai ajang berintrospeksi diri. Berikut ada beberapa aspek kehidupan yang mungkin bisa ngingetin kamu untuk jadi lebih baik lagi.

Keluarga

Sadar atau nggak, pasti deh tiap minggu selalu bangun siang. Belum lagi setelah itu nonton TV atau DVD seharian. Tiap disuruh mandi atau beres-beres rumah pasti ngeles panjang lebar. Pernah kepikir nggak, kalo tiap minggu kamu selalu bikin mama mengurut dada?

Pendidikan

Coba inget lagi deh, kapan terakhir kali kamu nyontek saat ujian? Kesannya sepele, tapi jauh dalam lubuk hati, pasti kamu nyesel deh udah nyontek. Kamu mungkin dapat nilai bagus, tapi nilai bagus nggak akan ada artinya saat kamu mendapatkannya dengan nggak jujur. Coba bayangin temen kamu yang udah belajar mati-matian demi nilai ujian itu. Coba juga bayangin temen-temen lain yang nggak bisa belajar karena sekolahnya yang roboh atau letaknya jauh di seberang jurang. Sedangkan kamu, bisa sekolah dengan nyaman, tapi malah meyia-nyiakan kesempatan belajar.

Lingkungan

Mungkin kamu udah menghentikan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Lalu gimana dengan orang lain? Teman atau pacar kamu misalnya? Lalu sudahkah kamu mengaplikasikan 4R; Reduce, Reuse, Recycle dan Refuse? Memelihara lingkungan bukan cuma jadi tugas pemerintah. Itu juga tugas kita semua. Merusak lingkungan adalah kesalahan terbesar umat manusia yang paing nggak kita sadari.

Finansial

Masih suka bohong soal jumlah uang buku atau fotokopian? Atau memakai uang tabungan untuk beli tas super lucu saat windows shopping? Well, it happens to almost all people. Malah kadang ada juga yang memaksakan diri untuk beli barang branded demi gaya dan dia memakai seluruh tabungannya, or even berhutang. Pernah seperti ini?

Mungkin beberapa contoh di atas hanya secuil daftar kecil untuk kemudian bisa kita renungkan. Meski berintrospeksi diri bisa dilakukan almost everytime, nggak ada salahnya kalo kita mulai mengintrospeksi diri di momen akhir tahun seperti sekarang ini. Malah, ada ajaran agama yang menganjurkan umatnya untuk selalu mengingat semua kesalahan yang telah mereka perbuat pada hari itu sesaat sebelum tidur. Gunanya, agar mereka bisa menyadari kesalahan yang telah diperbuat agar tidak terulang keesokan harinya. Intinya, tetap pada niat awal kamu. Apalagi, akhir tahun sepertinya jadi momen yang paling pas untuk menutup semua buku dosa.

Seperti yang telah dibahas di awal, introspeksi diri bisa bikin hidup kita jauh lebih baik dan berkualitas because we could learn how to be a better person. Even donkey won’t fall on the same hole, and so do we. Jadi, yuk kita ramai-ramai jadi orang yang lebih baik lagi dengan rajin-rajin berintrospeksi diri!

 
Leave a comment

Posted by on December 24, 2011 in shared things

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: