RSS

Kritis ala Mahasiswa

15 Apr

Mahasiswa mungkin adalah makhluk paling kritis di Indonesia.. (setau gw sih)

Semua dikritisi (baca: dikeluhkan) … harga cabe, beasiswa telat turun, dosen galak, skripsi susah, sampe harga potokopian yg yang digit 0-nya cuma atu atau dua biji.

Sore ini, gw sempet berdebat ama seorang mahasiswa di kampus gw. Lewat twitter sih. Dia ngeluh soal harga potokopian skripsi yang katanya muahal. Men, cuma 300 perak doang kali.. Ga ampe berjuta-juta! Kecuali elo motokopi buanyak😀. Tapi yah, intinya dia ngerasa harga itu ga sebanding lah, kemahalan cuma buat lembaran kertas, soalnya di potokopian biasa kan cuma cepek..

Gw ga bisa terima liat itu, karena menurut gw, skripsi itu, mo nilai ujian sidangnya jelek kek atau apapun, itu tuh tetep karya (ilmiah) kita. Dulu gw juga agak keberatan dengan tarif potokopi di perpus yg harga Rp 300/lembar. Tapi setelah gw kini tau rasanya bebas dari skripsi, harga segitu tuh ga ada apa-apanya. Itu harga yang murah banget. Karena bikin skripsi itu penuh pengorbanan tenaga, pikiran, uang, dan waktu.. Terus apa 300 perak per lembar kemahalan?? Ckckck..

Lagian yah, kalo dipikir-pikir kan kenapa skripsi harga potokopinya lebih mahal dikit dan ga boleh sembarangan dibawa keluar juga adalah salah satu cara mengapresiasi karya kita. Ga mau kan hasil jerih payah kita itu berakhir di tukang gorengan? Kalo emang di hubung-hubungin ama komersialisasi kampus, wajar dong, namanya juga kampus BHMN.. Hey, mesjid di kampus aja sering disewa buat tempat kawinan?!

Jadi, intinya, sebenernya sih gw salut dengan sikap mahasiswa yang kayak gini. Mikirnya hemaaaaat banget. Tapi liat aja nanti kalo skripsinya udah beres dan dia bebas dari derita seorang mahasiswa. Gw rasa, selembar 300 perak bukan masalah kan? Toh mahasiswa jaman sekarang kan tajir-tajir😀

 
Leave a comment

Posted by on April 15, 2011 in diary berdarah

 

Leave a Reply

 
