RSS

Pengalaman Pertama Interview

27 Mar

Interview, interpiyu, atau bahasa Indonesianya “wawancara”. Kayak gimana sih?

Oke, gw ceritain dari awal yah. Setelah akhirnya dapet gelar Sarjana akhir bulan Februari lalu, gw nyoba-nyoba ngelamar kerjaan, jadi Editor, di salah satu penerbit buku pelajaran sekolah di Bandung. Yah, pertamanya biasalah, ngasi lamaran langsung kesana, sempet nyasar pula. Untung si ojek cinta agak sabar nganterinnya. hihihi :*

Pulang nganter lamaran, sekitar sorean gitu, langsung ditelpon deh (responnya super cepet, mungkin karena emang lagi butuh juga kali yah). Lumayan excited, secara ini kan pengalaman pertama gw ngelamar kerja, rasanya seneng banget. Ya maklum lah, dulu dah berkali-kali ditolak kerja pas mata kuliah magang *ceritanya trauma gitu*😀

Ditelpon ama mereka katanya mo ada tes tulis dulu. oh oke deh. Besoknya dateng pagi-pagi dan langsung tes tulis. Tapi ternyata eh ternyata, tesnya susyaaah banget banget banget! Pertanyaan-pertanyaan mendasar sih sebenernya. Tapi lumayan menjebak. Abis itu, nunggu sampe siang (eh, sore deng) buat wawancara. Dag-dig-dug dweer rasanya. Karena latar belakang pendidikan gw Sastra Inggris, jadilah si pewawancara nyuruh jawab pake bahasa Inggris. Wew, dahsyat, tapi gampang sih. cuma yang agak meragukan adalah: apa mereka ngerti apa yang gw omongin?? soalnya gw aja kaga ngerti gitu loh..hahaha karena ya asal ngomong aja gitu.

Wawancaranya sih bentar..lebih ke arah nanyain kesiapan kita kerja d perusahaan tersebut. masalah kenapa kita pengen kerja disitu, masalah lembur, jam kerja, dan pertanyaan-pertanyaan tentang ideologi si perusahaan (penerbit). tapi sebelomnya, gw nyatet apa aja yang perlu diperhatiin saat dan menjelang wawancara:

  1. kalo ga berkerudung (buat cewe atau cowo) rambut sebaiknya disisir rapi, atau di iket.
  2. pake kemeja (ini sih pasti yah) tapi kalo pake kemeja yg panjang ga boleh digulung lengannya, apalagi kalo kemeja pendek mah.
  3. kalo bisa jangan pake jacket atau sweater.
  4. baca doa yang banyak sebelom masuk ruangan.
  5. sikap badan saat diwawancara harus tegap, sopan tapi santai, biar enak gitu diliatnya.
  6. ngomong seperlunya, kalo bisa sih muji-muji tempat kerja kita itu.hehe, jilat dikit ga apa-apa kok, guys.
  7. jangan coba-coba nanyain nominal gaji. biarkan mereka yang ngomongin soal gaji dulu (ini tips dari temen)
  8. terakhir, heeemmmm apa lagi yah? yah gitu aja, jangan lupa doa lagi, mudah-mudahan langsung dapet panggilan kerja😀

Yaaah kira-kira gitu deh. terus apa kah gw sukses wawancara?? haha jangan ditanya. sekarang aja masih pengangguran. Tapi gw seneng kok dapet pengalaman kayak gini, beneran. Mudah-mudahan cepet dapet kerja :’)

 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2011 in diary berdarah

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: