RSS

Penemu Kacamata

12 Feb

Hey bersyukurlah wahai kalian yang punya mata sehat…!!

Kenapa? Karena eh karena mempunyai penglihatan yang sehat dan normal tuh enak banget loh. Sebagai orang yang make kacamata hampir 9 taun, saya ngerasa bersalah dan bodoh banget karena udah ngelakuin hal-hal yg bikin mata saya rusak. Akhirnya, sekarang saya harus bertahan pake kacamata terus-terusan.

Ada yang tau ga sih siapa orang pertama yang nemuin kacamata?

Jadi, jaman dulu itu…pas jaman Romawi kuno gitu, para biarawan yang matanya udah ga ‘awas’ alias udah minus, mereka menggunakan bola kaca berisi air yang ditaro diatas bahan bacaan mereka (kemungkinan besar mereka baca bible, bukan komik). Entah karena mungkin tulisan jaman dulu tuh kecil-kecil kali yah, makanya mereka-mereka yang matanya dah minus butuh semacem kaca pembesar untuk ngebantu mereka baca bible.
Ide buat make kaca pembesar ini awalnya berasal dari ahli matematika asal Arab. Kemudian ide-ide untuk membuat alat bantu penglihatan ini terus berkembang, sampe sekitar abad ke 13, ada yang nyiptain kaca pembesar yang bisa digunakan di depan mata langsung, jadi ga usah ditaro di atas bukunya deh. Awalnya ada yang nyiptain kaca pembesar cuma buat sebelah mata, tapi kemudian muncul ide untuk membuat kaca pembesar untuk kedua belah mata yang disatuin pake kayu atau tulang binatang (seperti yang kita sering liat n pake jaman sekarang)

Tapiii…tetep aja ceunah mah gada yang tau siapa penemunya. Siapapun dia, saya amat sangat bersyukur padanya. Karena si penemu kacamata inilah yang bisa ngebantu orang-orang seperti saya melihat secara normal..hehe

Walaupun kini ada yang lebih canggih, kayak kontak lens atau operasi lasik…tetep aja, kacamata itu alat bantu penglihatan pertama untuk mata yang minus, plus, silinder, dijadiin tameng kalo lagi panas (sunglasses) atau cuman sekedar buat gaya aja.

^____^

Based on didyouknow.com

About these ads
 
3 Comments

Posted by on February 12, 2010 in FYI

 

Tags:

3 responses to “Penemu Kacamata

  1. arkusnandar

    February 24, 2010 at 11:16 pm

    pertamax mode on…

    lah ntu tulisan cuman menghibur diri orang pake kacamata seumur hidupnya……. :D

    hahaha…

    eh iyah…pake kacamata juga pengliatan tetep ga jelas ko…hehe :D

    gomen before….hehe

     
    • juneboyd

      February 25, 2010 at 6:31 am

      tp ttp bantu kamu ngeliat kan? dari pada ga sama sekali?

       
  2. bintang08

    May 21, 2010 at 9:34 pm

    by the way,, kita satu penderitaan loh nid..
    bela jg skrg udah jd pemakai kaca mata,,, hahahaha..
    I like this one, girl… :)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: